Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Rahasia Membuat Mie Gacoan dan Pangsitnya yang Enak dari Rumah

Bagi kamu yang suka banget jajan kuliner ataupun nonton video food vlogger, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan Mie Gacoan. Kuliner satu ini memang kini kian marak tersebar di berbagai kota, khususnya di kawasan pulau Jawa dan Bali.

cara membuat mie gacoan


Aku sendiri beberapa kali mencoba kuliner Mie Gacoan ini di sekitar daerahku, tepatnya Tulungagung, dan kerap kali rame banget sama antrian. Selain karena rasanya yang pedas enak dan cocok di lidah orang Indonesia, daya tariknya hadir karena harganya lumayan terjangkau dan tempatnya juga lumayan cozy serta Instagramable kalau mau makan langsung di tempat.

Meskipun harganya terjangkau tapi kalau sering-sering jajan Mie Gacoan pastinya keseimbangan finansialku juga bakal teriak-teriak kewalahan dan bikin kantong jebol, jadi aku coba membuat sendiri Mie Gacoan di rumah. Surprisingly, rasanya enak dan mirip banget sama Mie Gacoan yang aku beli. Nah, kalau kamu juga pengen cobain masak sendiri Mie Gacoan di rumah, langsung aja simak bahan-bahan dan cara membuat Mie Gacoan ala Dapur Jempol berikut.


Bahan-bahan untuk Membuat Mie Gacoan

Untuk membuat Mie Gacoan sendiri menurut aku lumayan effort, jadi buat yang lagi malas dan ingin rebahan aja sebaiknya kalian beli aja. Tapi kalau kamu memang beneran ingin membuatnya, di sini aku bagi bahan-bahannya ke dalam beberapa bagian sebelum siap diracik, yakni bahan untuk membuat mie dan bumbunya, bahan untuk membuat daging ayam cincang halusnya, bahan untuk minyak bawangnya, dan sisanya bahan-bahan pelengkap lain sebagai berikut:

  • Untuk mie-nya, aku pakai mie telur urai karena lumayan enak dan tekstur mienya juga cenderung mirip dengan Mie Gacoan, harganya sekitar 4 ribuan isi 2 keping.

Untuk bumbu mie-nya aku pakai bumbu berikut:

  • Kecap ikan ½ sendok makan
  • Kecap asin 1 sendok makan
  • Minyak wijen ½ sendok makan
  • Garam secukupnya


Bahan-bahan Daging Ayam Cincang buat Topping Mie dan Isian Pangsit

  • Daging ayam 250 gr atau ¼ kg, ini aku pake bagian dada. Dagingnya ini buat bikin halus buat topping dan juga isian pangsitnya.

Untuk bumbu ayam cincang halusnya:

  • Merica bubuk ½ sendok teh
  • Penyedap rasa 1 sendok teh
  • Bawang putih yang sudah dihaluskan 3 siung
  • Jahe ½ ruas


Bahan Minyak Bawang

Untuk membuat minyak bawang aku memakai:

  • Kulit ayam sekitar 120gr
  • Bawang putih 3 siung


  • Kulit pangsit secukupnya, buat bikin pangsit goreng dan pangsit kotak-kotak kecil buat taburan.
  • Cabe rawit 8 buah untuk membuat sambelnya, kalau suka pedas bisa ditambahkan lagi cabe rawitnya sesuai selera.
  • Daun bawang secukupnya, buat topping


Langkah-langkah Cara Membuat Mie Gacoan Enak, Gurih, Pedas Lengkap dengan Pangsitnya

cara membuat mie gacoan


Seperti yang sudah aku katakan di atas, Mie Gacoan ini cukup effort karena banyak tetek-bengek yang perlu dimasak mulai dari membuat topping ayam cicang halus, pangsit isi ayam, pangsit taburan, membuat minyak bawang, sambel rawitnya, dan meracik mienya. Tapi percayalah, itu semua worth it sama rasa yang dihasilkan.

  1. Pertama, potong dadu kecil-kecil daging ayamnya supaya mudah buat dihaluskan, kebetulan aku bakal chopper aja daging ayamnya.
  2. Terus geprek jahenya dan campurkan ke potongan ayam tadi. Tambahkan juga bawang putih yang sudah dihaluskan. Terus aduk-aduk sambil agak diremas supaya bumbunya itu bisa meresap.
  3. Diamkan dulu potongan ayamnya buat dimarinasi beberapa saat.
  4. Sambil menunggu, kita bisa siapkan minyak bawangnya. Geprek bawang putihnya untuk membuat minyak bawangnya.
  5. Panaskan minyak secukupnya, tambahkan bawang yang sudah digeprek tadi dan masukkan juga kulit ayamnya.
  6. Goreng sampai kulit ayamnya itu menyusut dan kering, supaya minyak dari kulit ayamnya keluar.
  7. Kalau sudah garing kulit ayamnya dan minyaknya keluar semua, sama bawangnya sudah kecoklatan, bisa angkat dan saring buat diambil minyaknya saja.
  8. Kita kembali ke daging ayam yang sudah dimarinasi tadi, tumis sebentar daging ayamnya memakai minyak bawang tadi. Pakai sedikit aja minyaknya. Goreng sampai daging ayamnya golden brown.
  9. Habis itu, haluskan daging ayamnya dan kebetulan aku pake chopper.Kalau mau pake blender juga bisa, tapi blender kasar aja, soalnya takutnya nanti malah terlalu halus dan hasilnya lembek.
  10. Panaskan lagi pan/penggorengan dan pakai sedikit minyak bawangnya. Masukkan ayam cincang halusnya.
  11. Tambahkan merica bubuk, penyedap rasanya, dan garam ¼ sendok teh atau bisa sesuai selera.
  12. Masak ayam halusnya sebentar saja sampai agak kering dan sampai teksturnya tidak terlalu menggumpal.
  13. Hasil dari gorengan ayam cincang halusnya bisa dibagi buat topping mie dan isian pangsit.


Bagian Membuat Pangsit Goreng

  1. Ambil kulit pangsit dan olesi pinggiran pangsitnya sama air biar bisa merekat pas dibentuk. Terus beri isian hasil gorengan ayam cincang halusnya tadi, sesuai selera aja sekitar ½ - 1 sendok makan. Kalau terlalu kebanyakan isiannya, takutnya susah dibentuk pangsitnya.
  2. Terus lipat sampai membentuk segitiga atau bentuk pangsit goreng pada umumnya dan tekuk-tekuk bagian pinggirnya buat menutup.
  3. Untuk jumlah pangsitnya terserah kamu mau buat berapa biji, aku buatnya sekitar 10 pangsit.
  4. Untuk pangsit yang kotak-kotak kecil, cukup iris-iris kulit pangsit yang mau dijadikan pangsit taburan. Aku pakai lima lembar pangsit dan itu sudah jadi banyak.
  5. Goreng semua pangsitnya secara sejenis, yang pangsit isian sama pangsit isian dan yang pangsing kotak kecil digoreng sendiri. Kalau dicampur takutnya matangnya tidak bersamaan, soalnya yang kotak-kotak kecil lebih cepat matengnya.


Bagian Membuat Sambel Rawit Mie Gacoan

  1. Untuk sambelnya, aku tumis dulu cabe rawitnya.
  2. Kalau sudah cukup mengkerut, tambahkan air ke cabenya sedikit aja biar tidak kering.
  3. Habis itu angkat dan ulek kasar cabenya. Tambahkan ¼ sendok teh garam.


Bagian Meracik Mie Gacoannya

  1. Panaskan air secukupnya untuk merebus mie.
  2. Kalau sudah mendidih, mienya bisa kita masukkan dan rebus sebentar aja mie sampai terurai serta teksturnya juga sudah lunak.
  3. Untuk tingkat kelunakannya bisa disesuaikan sendiri ya. Kalau aku cukup rebus sekitar 2 menitan aja, jadi tidak lembek banget mienya. Setelah itu, saring dan buang airnya.
  4. Untuk proses terakhir ini, gunakan minyak bawangnya tadi secukupnya aja buat menumis mienya.
  5. Tambahkan minyak wijennya, kecap asin, dan kecap ikannya.
  6. Aduk-aduk sampai tercampur merata sama mienya.
  7. Kalau sudah, bisa disajikan sama topping sambal, pangsit taburan, dan daun bawang.


Nah, itulah tadi resep Mie Gacoan lengkap dengan pangsit gorengnya buat yang pengen membuat kuliner ini sendiri di rumah biar lebih hemat. Kalau kamu masih kurang jelas dengan langkah-langkah membuat Mie Gacoan yang diberikan di atas, kamu bisa cek video lengkapnya di channel YouTube Dapur Jempol – Membuat Mie Gacoan Pedas.

Post a Comment for "Resep Rahasia Membuat Mie Gacoan dan Pangsitnya yang Enak dari Rumah"