Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Mudah Masak Kepiting Saus Padang yang Lezat dan Pedasnya Mantap Banget!

Selamat datang di Dapur Jempol, tempatnya bagi para pecinta kuliner yang ingin mencoba resep-resep lezat dan mudah di rumah. Akhir-akhir ini aku sempat melihat menu kepiting saus padang ramai berseliweran di beranda media sosialku, dan karena itu akhirnya aku penasaran sama menu kepiting satu ini.

cara membuat kepiting saus padang
Kepiting Saus Padang Pedas


Sebenarnya di daerahku sendiri sekitaran Tulungagung dan Trenggalek, lumayan banyak restoran dan kedai yang menyajikan menu kepiting saus padang ini. Tapi mengingat harganya lumayan merogoh kocek dan aku sendiri suka masak, jadi aku putuskan aja buat masak kepiting saus padang sendiri ala rumahan yang rasanya memang beneran enak, perpaduan bumbu saus dan daging kepitingnya yang gurih lembut.

Nah, buat kamu yang juga ingin menikmati kepiting saus padang tapi tetap mau hemat, langsung aja di sini aku bagikan resep dan cara membuat kepiting saus padang ala rumahan yang worth it banget buat dicoba! Buat yang mau lihat video masaknya biar lebih jelas, langsung aja bisa cek cara membuat keptiting saus Padang di channel Dapur Jempol.


Tips Memilih Kepiting yang Bagus dan Segar

Memilih kepiting segar sangat penting dalam memasak kepiting saus padang, karena kepiting yang segar akan memberikan rasa yang lebih lezat dan tekstur yang lebih baik. Sebelum kita menginjak ke cara membuat kepiting saus padang, ada baiknya untuk cek beberapa tips memilih kepiting segar berikut:

  • Pastikan kepiting hidup: Pilih kepiting yang masih hidup dan aktif, karena kepiting mati bisa memengaruhi rasa dan kualitas dari daging kepiting.
  • Pilih kepiting yang berat: Pilih kepiting yang beratnya cukup berisi dan memiliki kaki yang tebal dan kuat. Kepiting yang berisi menunjukkan bahwa dagingnya masih segar dan enak.
  • Perhatikan kulit kepiting: Kulit kepiting harus memiliki warna yang cerah dan bersih, tanpa ada noda atau kerusakan.
  • Perhatikan kaki kepiting: Pastikan kaki kepiting masih utuh, kencang dan tidak mudah patah. Kaki yang patah dapat menunjukkan bahwa kepiting sudah tidak segar lagi.
  • Baunya harus segar: Bau yang tidak sedap atau amis dapat menunjukkan kepiting sudah tidak segar atau sudah terkontaminasi.

Dengan memperhatikan tips memilih kepiting yang segar, kamu dapat memastikan kualitas daging kepiting yang kamumasak dan menghasilkan hidangan kepiting saus padang yang lezatnya ultimate.


Bahan-bahan Kepiting Saus Padang Pedas

Nah, setelah tahu mengenai tips memilih kepiting segar di atas, pastikan buat memilih kepiting fresh biar rasa nikmat yang dihasilkan maksimal. Dan langsung aja, berikut bahan-bahan yang aku siapkan untuk membuat olahan kepiting saus Padang pedas:

  • Kepiting 2 ekor, cuci bersih
  • Daun salam 3 lembar
  • Bawang merah 5 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Cabe rawit 7 buah
  • Cabe merah besar 5 buah
  • Bawang bombay 1 buah
  • Tomat 1 buah
  • Jeruk lemon 1 buah
  • Kaldu jamur atau penyedap rasa 1 sendok teh
  • Merica bubuk 1 sendok teh
  • Saos tiram 1 sendok makan
  • Margarin atau mentega 1 sendok makan
  • Saus sambal 2 sendok makan
  • Saus tomat 2 sendok makan
  • Garam secukupnya
  • Telur 1 butir


Cara Membuat Kepiting Saus Padang Asam Pedas Gurih

Untuk menu kepiting saus Padang ini aku rasa tidak terlalu ribet dan cukup mudah kalau mau masak olahan kepiting satu ini sendiri di rumah. Yuk, langsung aja berikut langkah-langkah membuat kepiting saus Padang yang sausnya itu asam, manis, serta gurih!

  1. Pertama, bersihkan dulu kotoran kepitingnya. Cangkang kecil bagian bawah yang berbentuk segitiga buang aja.
  2. Habis itu, kita buka cangkang kepitingnya dan buang bagian insangnya, biasanya bagian yang hitam-hitam berongga.
  3. Bilas kepitingnya sampai bersih dan pastikan tidak ada lumpur atau kotoran yang tertinggal. Setelah semua sudah bersih, baru deh siap buat diolah.
  4. Nah, ini hasil kepiting yang udah aku bersihkan tadi, aku susun kembali cangkangnya jadi bentuk untuk seperti ini.
  5. Lanjut kukus kepitingnya. Kita tutup panci kukusannya dan kukus sampai kepitingnya matang atau berubah kemerahan. Sambil menunggu kepiting dikukus, kita bisa mempersiapkan bumbunya.
  6. Iris-iris bawang bombaynya. Terus, tomatnya juga potong-potong.
  7. Setelah itu, geprek dan cincang-cingcang kecil bawang putihnya.
  8. Iris-iris cabe merah besarnya dan cabe rawitnya buat digoreng biar tidak meletus saat digoreng.
  9. Setelah 20 menitan dan kita bisa cek kepitingnya, kalau sudah berubah warna menjadi kemerahan semua bagian cangkangnya, artinya sudah matang. Dan angkat semuanya kepitingnya.
  10. Lanjut, panaskan minyak buat menggoreng bumbunya. Goreng bawang merah, cabe merah besar, dan cabe rawitnya terlebih dulu biar rasanya lebih sedap. Kalau sudah harum kecium dari bau bawangnya, bisa diangkat.
  11. Lanjut, bumbu yang barusan digoreng kita haluskan dan tambahkan garam sekitar ½ sendok the pada bumbunya. Setelah halus bumbunya, bisa sisihkan dulu.
  12. Selanjutnya, panaskan kembali pan dan masukkan margarinnya buat menumis.
  13. Masukkan bawang putih cincangnya. Kalau sudah harum kecium dari tumisan bawang putihya, baru masukan bawang bombaynya. Tumis lagi semuanya sampai bawang bombaynya terlihat agak layu.
  14. Kalau sudah mulai terlihat layu, tambahkan bumbu yang tadi sudah dihaluskan. Tambahkan air secukupnya, biar tumisan bumbunya tidak terlalu kering.
  15. Kalau sudah mulai mendidih airnya, masukkan saus sambal, saus tomat, saus tiram, merica bubuk, dan kaldu jamur atau penyedap rasanya.
  16. Kalau dirasa terlalu kental dan kering bisa ditambah sedikit air lagi atau secukupnya.
  17. Masukkan juga tomatnya dan daun salam.
  18. Terus, pecahkan telurnya dan masukkan ke dalam kuah kuah saus bumbu. Dan aduk-aduk telurnya sampai merata.
  19. Ini nih poin yang paling penting, masukkan kepitingnya.
  20. Ratakan bumbu ke semua kepitingnya biar bumbunya bisa meresap ke dalam dagingnya.
  21. Sampai di sini bisa cek rasanya dan sesuaikan rasa asinnya dengan selera. Untuk menu yang sudah aku masak, aku tambah lagi sekitar ½ sendok teh garam biar rasanya pas.
  22. Biar lebih meresap, airnya bisa ditambahkan lagi sedikit buat merebus kepitingnya sedikit lebih lama.
  23. Tambahkan perasan air lemon biar lebih seger. Terus tutup dan ungkep.
  24. Kalau kuah dari sausnya sudah mulai berkurang dan kelihatan sudah kental, kepitingnya sudah siap diangkat.


Variasi Penyajian Kepiting Saus Padang yang Boleh Banget Dicoba

Beberapa variasi bahan tambahan yang bisa dipadukan dengan kepiting saus padang antara lain:

  • Kentang: Irisan kentang goreng dapat menjadi bahan tambahan yang lezat dan cocok dipadukan dengan kepiting saus padang.
  • Jamur: Tambahkan jamur shitake atau jamur merang saat memasak saus padang untuk memberikan tekstur yang berbeda dan rasa yang lebih gurih.
  • Sayuran: Anda bisa menambahkan sayuran seperti wortel, kacang panjang, atau paprika saat memasak saus padang, untuk memberikan rasa yang lebih seimbang.
  • Telur: Menambahkan irisan telur rebus di atas kepiting saus padang dapat memberikan rasa yang lebih lezat dan bergizi.
  • Mi: Kepiting saus padang juga bisa disajikan dengan mi atau mie kuning sebagai pendampingnya. Tambahkan mi ke dalam saus padang saat memasak dan aduk hingga merata.
  • Nasi: Kepiting saus padang juga enak disajikan dengan nasi putih atau nasi goreng.
  • Kerupuk: Tambahkan kerupuk sebagai bahan tambahan saat menyajikan kepiting saus padang untuk memberikan tekstur yang lebih renyah.
  • Buah-buahan: Buah-buahan segar seperti jeruk, mangga, atau nanas juga dapat dipadukan dengan kepiting saus padang untuk memberikan rasa yang segar dan asam.

Dengan variasi bahan tambahan yang berbeda, kepiting saus padang akan memiliki rasa yang lebih beragam dan menarik untuk dicoba, jadi gak gampang bosan.


Nah, gimana? Mudah banget kan cara membuat kepiting saus Padang yang enak sendiri di rumah dan pastinya lebih hemat serta ekonomis. Buat kamu yang ingin melihat proses masak kepiting saus Padang ala Dapur Jempol ini, kamu bisa juga cek videonya di channel Dapur Jempol masak kepiting saus Padang pedas.

Post a Comment for "Resep Mudah Masak Kepiting Saus Padang yang Lezat dan Pedasnya Mantap Banget!"