Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Udang Goreng Saus Mentega Gurih, Enak, dan Creamy yang Menggoyang Lidah!

Kalau membahas hidangan seafood yang enak dan lumayan populer, pastinya udang goreng saus mentega tak bisa terlewatkan begitu saja. Hidangan seafood berbahan dasar udang satu ini terdiri dari udang yang digoreng dan kemudian disiram atau dimasak dengan saus mentega yang gurih dan kaya rasa.

udang goreng saus mentega


Dalam resep yang aku buat kali ini, udang terlebih dulu aku bumbui tanpa tepung sebelum digoreng hingga kuning keemasan atau setengah matang. Kemudian aku masak bersama saus mentega, sehingga menciptakan rasa gurih manis dari udangnya udang yang berpadu dengan saus mentega yang agak pedas creamy. 

Buat yang ingin mencoba resep udang goreng saus mentega satu ini di rumah agar lebih hemat, yuk langsung aja simak resep dan cara memasaknya berikut ini! Buat yang ingin nonton video masaknya lebih jelas, kamu bisa cek di channel YouTube Dapur Jempol – Masak udang goreng saus mentega.


Tips dalam Membuat Udang Goreng Saus Mentega

Biar hasil olahan udang goreng tepung saus mentega yang kita buat lebih maksimal kenikmatan rasanya, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

  • Pilih udang yang segar dan berkualitas baik. Pastikan udang sudah dikupas dan dibuang bagian kepala serta ekornya agar lebih mudah saat dimasak dan dinikmatinya nanti.
  • Pastikan minyak goreng yang digunakan cukup banyak dan dalam suhu panas yang cukup tinggi saat menggoreng udang agar dapat menghasilkan tekstur kulit udang yang empuk.
  • Saat membuat saus mentega, pastikan bawang putih dicincang halus dan matang sempurna untuk menghasilkan aroma yang lebih harum dan tidak mengganggu rasa saus mentega.
  • Saat menambahkan bumbu saus tiram dan kecap manis pastikan semuanya tercampur sempurna dan masak dengan api kecil hingga mendidih untuk menghasilkan rasa yang kaya dan lezat.


Bahan-bahan Udang Goreng Saus Mentega

Setelah tahu tips mengenai udang goreng saus mentega biar rasanya makin maksimal, langsung aja ke bagian bahan-bahan udang goreng saus mentega yang aku siapkan:

  • Udang 250 gram, bersihkan udangnya, kupas dan cuci bersih
  • Bawang bombay 1 buah
  • Bawang putih 3 siung
  • Jeruk nipis 1 buah, aku pakai setengah bagian aja
  • Saus sambal 2 sendok makan
  • Kecap manis 2 sendok makan
  • Kecap Inggris 1 sendok makan
  • Merica bubuk ½ sendok teh
  • Saus tiram 2 sendok makan
  • Minyak wijen 1 sendok makan
  • Mentega 1 sendok makan
  • Garam secukupnya


Langkah Cara Membuat Udang Goreng Saus Mentega

udang goreng saus mentega


Dari proses masak udang goreng saus mentega ini, aku rasa tidak terlalu ribet dan masih terbilang simple untuk dibuat. Jadi pas banget buat kamu yang ingin menikmati olahan seafood dari udang yang lumayan cepat masaknya.

  1. Pertama, potong dan iris-iris bawang bombaynya. Untuk ukuran, terserah saja sesuai selera, bisa dipotong memanjang.
  2. Memarkan bawang putihnya dan dicincang-cincang halus kecil.
  3. Terus, untuk udangnya beri perasan air jeruk nipis untuk mengurangi rasa dan aroma amis dari udangnya, serta bisa membuat aromanya lebih enak. Diaduk-aduk agar jeruk nipisnya merata semua ke bagian udangnya.
  4. Selanjutnya, panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng udangnya sebentar. Masukkan udangnya dan goreng sebentar sekitar 2 sampai 3 menit sudah cukup, kira-kira sampai setengah matang dan bisa diangkat.
  5. Setelah itu, panaskan Teflon dan lelehkah menteganya. Kalau udah meleleh semua, masukan bawang putih cincangnya terus tumis-tumis sampai bawangnya berbau harum.
  6. Setelah bau harum sudah menyeruak, masukkan juga bawang bombaynya dan tumis kembali sampai layu.
  7. Tambahkan minyak wijen, saus tiram, dan kecap inggrisnya, lalu aduk-aduk merata.
  8. Tambahkan saus sambal, kecap manis, merica bubuk, dan lanjut diaduk-aduk. Kalau terlalu kering tumisannya, bisa ditambahkan air sedikit.
  9. Terakhir, masukkan udang yang sudah digoreng sebentar tadi. Masak terus sebentar aja sampai bumbu sausnya tersebut meresap ke dalam daging udangnya. Cukup 2 sampai 3 menitan aja, setelah itu bisa diangkat.


Nah, bagaimana, mudah kan? Kamu bisa membuat sendiri udang goreng saus mentega yang mudah di rumah biar lebih menghemat budget. Cocok untuk dimakan sendiri ataupun buat hidangan keluarga. Kalau mau cara masaknya yang lebih detail lagi biar jelas, langsung aja cek video masaknya di channel YouTube Dapur Jempol – Udang goreng saus mentega.

Post a Comment for "Resep Udang Goreng Saus Mentega Gurih, Enak, dan Creamy yang Menggoyang Lidah!"