Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Ayam Goreng Bawang khas Batam yang Praktis dan Enak

Resep Ayam Goreng Bawang - Sebagai penikmat ayam goreng, kita seharusnya bersyukur karena Indonesia memiliki beraneka ragam variasi masakan ayam goreng dari berbagai macam daerah. Setelah sebelumnya kita menyajikan resep ayam bumbu kacang khas Palembang, kini kita akan kembali menyajikan salah satu resep khas nusantara lain yakni resep ayam goreng bawang yang kaya akan rempah nikmat, dan tentu saja rasa bawang putih yang kuat.

ayam goreng bawang khas Batam

Resep ayam goreng bawang khas Batam

Untuk orang Batam sendiri, olahan ayam goreng bawang ini pastinya tak asing di telinga. Masakan ayam seperti ini biasanya muncul di beberapa menu restoran seafood si sekitar Batam. Rasanya yang enak dan membuat ketagihan, pasti tak akan membuat anda lekas bosan dengan olahan ayam semacam ini, hanya saja mungkin dompet akan sedikit terkuras jika menikmati ayam goreng ini terlalu di restoran, terlebih untuk yang membawa anggota keluarganya.

Resep Ayam Goreng Bawang Nikmat dan Gurih khas Batam

Nah, buat anda yang tetap ingin menikmati ayam goreng dengan citarasa bawang nikmat ini secara lebih hemat, anda bisa coba membuat masakan ayam ini sendiri di rumah. Tak perlu khawatir akan bagaimana cara buat ayam goreng bercitarasa bawang dan apa saja bumbu yang diperlukan, sebab kami akan menyajikan resep ayam goreng bawang khas Batam yang pastinya enak dan mantap berikut ini.

Bahan:

  • 2 potong dada ayam, potong menjadi bagian-bagian kecil sesuai selera
  • 2 bonggol bawang putih, geprek tapi jangan sampai hancur
  • 3 sendok makan tepung maizena
  • 1 butir telur ayam
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 2 sendok teh ketumbar
  • ¼ sendok teh merica bulat
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit

Cara buat ayam goreng bawang:

  1. Haluskan semua bahan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, jahe, dan kunyit dengan menggunakan ulekan agar rasa yang dihasilkan lebih khas dan nikmat. Jika tidak ada, sebagai alternatif anda dapat menggunakan blender.
  2. Campurkan bumbu halus, tepung maizena, gula, garam, dan telur ayam ke dalam wadah lalu aduk semua campuran hingga merata.
  3. Masukkan potongan daging ayam ke dalam campuran bumbu dan aduk kembali hingga seluruh bagian ayam rata terlumuri. Diamkan dalam lemari pendingin selama kurang lebih 30 menit hingga bumbu benar-benar masuk ke dalam daging.
  4. Siapkan wajan dan panaskan minyak dengan jumlah cukup banyak untuk menggoreng. Tunggu hingga minyak benar-benar panas secara merata.
  5. Masukkan bawang putih yang telah digeprek tadi, goreng hingga matang dan tekstur crispy. Setelah matang, angkat dan tiriskan bawang. Sisihkan minyak bekas menggoreng bawang ini dan gunakan untuk menggoreng daging ayam.
  6. Goreng daging ayam hingga seluruh permukaan daging terendam dalam minyak. Sesekali bolak-balik daging ayam agar matangnya merata hingga berwarna coklat keemasan. Jangan menggoreng semua potongan daging ayam sekaligus, masukkan secara bertahap agar hasil kematangan penggorengan bisa maksimal.
  7. Angkat daging ayam dan tiriskan agar minyak berkurang. Campurkan gorengan bawang putih tadi bersama ayam goreng, sajian nikmat dari resep ayam goreng bawang khas Batam siap untuk dihidangkan. Sajikan selagi hangat.

Citarasa rempah kaya dan rasa gurih bawang yang lumayan nendang pasti akan membuat penikmat olahan ayam ini ketagihan. Jadi, tak usah ragu untuk mencoba dan mengkreasikan resep ayam goreng bawang khas Batam ini untuk menu bersantap di rumah.

Post a Comment for "Resep Ayam Goreng Bawang khas Batam yang Praktis dan Enak"