Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Ikan Bakar Kecap Pedas Sederhana yang Praktis dan Enak

Resep Ikan Bakar Kecap - Saat berkunjung ke restoran yang menyajikan masakan seafood sebagai menu utamanya, olahan ikan segar tentu jadi salah satu pilihan menu yang disukai. Terlebih lagi ketika ikan segar tersebut disajikan dengan cara dibakar bumbu kecap, daging yang lembut dan gurih tentu akan sangat menggiurkan. Selain karena rasa ikan bakar kecap yang sulit ditolak, kandungan gizi di dalamnya juga lumayan kaya dan baik, terutama bagi keluarga yang memiliki buah hati kecil. Tekstur daging yang lembut dan rasa gurih akan memudahkan si kecil dalam mengonsumsinya dengan lahap.

resep ikan bakar kecap sederhana

Resep ikan bakar kecap sederhana yang asli enak

Bagi anda penikmat pedas, anda bisa mencoba variasi lain dari olahan ikan bakar kecap yang terkenal dengan rasa legit gurihnya tersebut, yakni dengan menambahkan lebih banyak cabai pada bumbu bakaran ikan. Anda juga bisa mencoba dengan berbagai jenis ikan sebagai bahan olahan ikan bakar yang satu ini.

Resep Ikan Bakar Kecap Pedas yang Enak dan Nendang Rasa Pedasnya

Membuat ikan bakar kecap pedas dengan menggunakan bahan ikan segar sendiri di rumah bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Terlebih lagi, anda bisa menentukan sendiri tingkat kematangan ikan bakar yang akan dikonsumsi sehingga pas dengan selera. Nah, tak perlu berlama-lama lagi, bagi anda pecinta seafood olahan ikan segar, anda bisa mencoba resep ikan bakar pedas sederhana yang praktis dan mudah dibuat ini di rumah. Selamat menyimak!

Bahan:

  • 1 ekor ikan segar, bisa menggunakan ikan nila, gurame, atapun ikan kuwe
  • 3 buah jeruk nipis

Bahan bumbu halus:

  • 1 sendok makan air asam Jawa
  • 5 buah cabai merah, jumlah bisa menyesuaikan selera kepedasan
  • 3 buah cabai rawit, jumlah bisa menyesuaikan tingkat pedas
  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 2 cm jahe
  • ½ sendok teh ketumbar
  • ½ sendok teh garam
  • Kecap manis secukupnya, sesuai selera
  • Minyak goreng untuk menumis secukupnya

Saus cocolan ikan bakar kecap:

  • 1 buah cabai rawit, jumlah menyesuaikan selera
  • 1 buah cabai merah, jumlah menyesuaikan selera
  • 1 siuang bawang merah
  • Kecap manis secukupnya

Cara membuat resep ikan bakar kecap pedas:

  1. Bersihkan ikan yang sudah disiapkan, hilangkan sisiknya dan buang isi perutnya. Cuci bersih dan tempatkan dalam wadah. Beri air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan amisnya. Sayat-sayat bagian badan ikan agar bumbu bisa meresap dengan baik ke dalam dagin, diamkan.
  2. Ulek halus semua bahan bumbu halus seperti cabai merah dan rawit, bawang merah dan bawang putih, jahe, ketumbar, dan garam. Sebagai alternatif, anda bisa menggunakan blender untuk menghaluskannya.
  3. Siapkan wajan dan tuangkan sedikit minyak goreng. Tunggu hingga minyak mulai panas secara merata dan masukkan bumbu halus tadi. Tumis hingga bau harum mulai keluar dan tambahkan air asam Jawa. Tambahkan kecap manis aduk sebentar dan angkat.
  4. Ambil ikan yang telah didiamkan sebentar tadi dan bilas kembali menggunakan air. Lumuri ikan dengan bumbu halus yang telah ditumis. Lakukan ke seluruh permukaan tubuh ikan hingga merata.
  5. Siapkan tempat bakaran ikan, lalu bakar ikan hingga matang. Sesekali bolak-balik ikan dan oleskan kembali bumbu yang tersisa agar rasa ikan bakar lebih nikmat.
  6. Siapkan cocolan sambal kecap dengan cara iris bawang merah, cabai merah, dan cabai rawit. Campurkan dalam kecap manis.
  7. Sajikan ikan bakar pedas sederhana bersama saus kecap. Nikmati olahan hasil resep ikan bakar pedas sederhana ini bersama nasi putih hangat agar rasa tambah mantap.

Baiklah, itulah tadi mengenai resep ikan bakar kecap pedas sederhana yang bisa jadi menu bersantap anda bersama keluarga di rumah. Rasa pedas nendang dan gurih manis ikan bakarnya pasti akan mampu membuat lidah tak akan kecewa dengan rasanya.

Post a Comment for "Resep Ikan Bakar Kecap Pedas Sederhana yang Praktis dan Enak"