Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Ikan Bakar Padang Sederhana yang Praktis ala Rumahan

Resep Ikan Bakar Padang – Ikan bakar memang kerap menjadi menu andalan berbagai tepat makan yang menyuguhkan olahan seafood. Segarnya ikan yang berpadu dengan bumbu akan meresap dengan baik melalui proses pembakaran ini, terlebih lagi harum yang dikeluarkan oleh ikan bakar sangat khas dan menggugah selera.

resep ikan bakar padang

Resep ikan bakar bumbu Padang sederhana, via ResepKoki

Hal yang membuat penggemar ikan bakar tak lekas bosan lainnya yakni variasi olahan yang lumayan kaya sehingga tak cuma itu-itu saja. Salah satu variasi olahan ikan bakar yang khas dan identik dengan Minang yaitu resep ikan bakar Padang. Olahan ikan ini memang tak hanya terkenal di Minang saja, namun juga berbagai daerah lainnya karena rasanya yang cocok di lidah hampir kebanyakan penikmat masakan seafood.

Resep Ikan Bakar Padang khas Minang yang Enak dan Nikmat

Nah, jika sebelumnya jika sudah membahas cara membuat dan resep ikan bakar kecap pedas, kali ini kita akan menyajikan resep ikan bakar Padang khas Minang ini. Resep berikut bisa disajikan sebagai menu bersantap keluarga karena bumbu dan bahan yang relatif mudah didapat khas ala masakan rumahan. Tak usah berlama-lama lagi, silahkan simak bahan dan langkah pembuatannya berikut ini.

Bahan:

  • 6 ekor ikan kembung segar, bisa juga menggunakan ikan jenis lain
  • 2 buah jeruk nipis

Bumbu halus:

  • 500 ml santan kanil
  • 2 batang sereh
  • 15 buah cabe merah keriting, jumlah bisa menyesuaikan selera
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 ruas kunyit
  • 2 ruas jahe
  • 2 ruas lengkuas
  • Garam secukupnya

Cara membuat ikan bakar Padang:

  1. Bersihkan ikan segar yang telah disiapkan, buang bagian isi perutnya. Cuci bersih ikan dan sayat-sayat bagian tubuhnya, lalu masukkan ke dalam wadah. Tambahkan air perasan jeruk nipis yang telah dicampur garam, lumuri ikan secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit agar rasa amis ikan bisa berkurang.
  2. Sementara menunggu ikan diidamkan, siapkan bumbu dengan cara mengulek bahan bumbu halus seperti cabe merah keriting, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, dan garam (bisa menggunakan grinder ataupun blender). Tempatkan bumbu dalam wadah dan tambahkan santan kanil, lalu aduk hingga merata.
  3. Ambil ikan yang telah didiamkan dan masukkan ke dalam bumbu halus. Ratakan seluruh bagian ikan hingga terlumuri bumbu semua. Diamkan kembali kurang lebih selama 30 menit hingga bumbu meresap.
  4. Setelah dirasa bumbu telah meresap, siapkan tempat panggangan ikan, kemudian bakar ikan hingga matang. Bolak-balik ikan saat membakar dan jangan lupa untuk melumuri kembali dengan sisa bumbu saat pembakaran.
  5. Jika anda menggunakan wajan Teflon untuk membakar ikan, sebaiknya gunakan api kecil agar tingkat kematangan ikan bisa merata dan tak mengakibatkan kegosongan.
  6. Setelah cukup matang sesuai dengan selera, angkat ikan dan hasil dari resep ikan bakar Padang siap untuk dihidangkan. Sajikan bersama nasi putih hangat dan lalapan agar lebih mantap,untuk 6 porsi.

Bagaimana? Cukup mudah bukan resep ikan bakar Padang enak dan praktis ala rumahan di atas. Bagi anda yang ingin menyiapkan olahan kuliner ikan berbalut bumbu Padang tersebut, usahakan selalu memilih ikan yang masih dalam keadaan segar karena selain rasanya yang lebih nikmat, nutrisinya juga masih terjaga.

Post a Comment for "Resep Ikan Bakar Padang Sederhana yang Praktis ala Rumahan"