Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Ikan Bakar Madu Pedas Spesial yang Pasti Enak

Resep Ikan Bakar Madu Pedas - Bagi para penikmat masakan seafood, olahan ikan bakar tentu jadi salah satu menu yang familiar. Menu ini memang selalu hadir di berbagai restoran dan kedai yang menyuguhkan seafood sebagai menu andalannya. Ikan bakar sendiri merupakan menu yang bisa dibilang sangat variatif, ada berbagai macam variasi pengolahan yang bisa dinikmati dari olahan menu ikan yang dipanggang di atas bara api ini, salah satunya hadir dari resep ikan bakar madu pedas.

resep ikan bakar madu pedas spesial

Resep ikan bakar madu pedas spesial

Olahan ikan bakar madu pedas ini memiliki citarasa khas yang begitu unik, yakni pedasnya bumbu rempah yang meresap ke dalam ikan yang berbaur sempurna dengan rasa manis gurih dari balutan madu saat proses pembakaran. Tentu saja, perpaduan antara rasa manis, pedas, dan gurih dari masakan seafood satu ini bisa membuat lidah penikmatnya ketagihan.

Resep Ikan Bakar Madu Pedas Spesial yang Praktis

Untuk dapat menikmati olahan ikan bakar madu pedas ini ternyata tak perlu melulu pergi ke restoran atau tempat makan, terlebih lagi jika anda ingin berhemat. Anda tetap bisa menyajikan olahan ikan nikmat satu ini untuk keluarga tersayang dengan cara memasaknya sendiri di rumah. Penasaran dengan resep ikan bakar madu pedas yang enak dan nendang rasa pedasnya? Berikut selengkapnya.

Bahan:

  • 1 kg ikan nila, bisa juga menggunakan jenis ikan lain sesuai selera
  • 4 sendok makan madu
  • 1 sendok teh kecap ikan
  • 8 sendok makan kecap asin
  • 1 buah jeruk nipis, peras dan ambil airnya
  • Air secukupnya
  • Minyak sayur untuk menumis dan melumuri ikan supaya tak terlalu lengket saat dibakar

Bumbu ikan bakar madu pedas:

  • 5 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah keriting, bisa disesuaikan dengan selera pedas
  • 4 buah cabai rawit, bisa disesuaikan dengan tingkat kepedasan anda
  • 1 sendok teh biji ketumbar
  • 1 sendok teh merica
  • 1 ½ ruas jari jahe yang telah dimemarkan
  • ¼ buah bawang bombay, rajang hingga halus
  • Garam secukupnya

Cara membuat ikan bakar madu pedas sedehana:

  1. Haluskan ketumbar, garam, merica, dan bawang putih, lalu larutkan dengan sedikit air putih untuk bumbu rendaman ikan.
  2. Bersihkan ikan nila dan buang isi perutnya, bilas hingga bersih dan sayat-sayat bagian tepi ikan agar bumbu mudah meresap. Masukkan ikan dalam bumbu rendaman dan pastikan semua bagian ikan terlumuri dengan merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga bumbu bisa meresap.
  3. Siapkan wajan dan panaskan sedikit minyak goreng untuk menumis.
  4. Tumis bawang bombay yang telah dirajang halus dan jahe hingga tercium bau harum.
  5. Tambahkan cabai merah keriting dan cabai rawit yang telah dihaluskan, tumis kembali sebentar.
  6. Masukkan air perasan jeruk nipis, kecap ikan, dan kecap manis, tumis kembali hingga mendidih. Matikan api dan angkat.
  7. Ambil dan angkat ikan yang telah didiamkan dalam rendaman tadi, lalu lumuri dengan bumbu tumisan hingga ke seluruh bagian ikan.
  8. Siapkan alat pemanggang, olesi alat pemanggang dengan sedikit minyak goreng agar daging ikan tak lengket. Bakar ikan dan sapu kembali bumbu tumisan pada ikan saat membakar agar rasa benar-benar meresap.
  9. Oleskan juga madu pada kedua permukaan tubuh ikan saat membakar agar rasa pedas bumbu berpadu dengan manisnya madu. Panggang hingga matang dan olesan madu berubah menjadi karamel.
  10. Angkat dan hasil resep ikan bakar madu pedas siap disajikan. Agar rasa lebih nikmat, santap selagi hangat bersama nasi putih dan lalapan.

Seperti itulah resep ikan bakar madu pedas yang enak dan spesial ala rumahan. Perpaduan kenikmatan dari pedas cabai dan manisnya karamel madu pasti tak akan membuat anda dan keluarga kecewa dengan hidangan ini. Selamat mencoba dan berkreasi di rumah!

Post a Comment for "Resep Ikan Bakar Madu Pedas Spesial yang Pasti Enak"