Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Ayam Goreng Madu Simple yang Renyah dan Gurih

Resep Ayam Goreng Madu - Jika ditanya soal makanan favorit, hampir bisa dipastikan sebagian besar menempatkan ayam goreng ke dalam daftar makanan favoritnya. Masakan ayam goreng sendiri memili beragam variasi yang menarik sehingga tak membuat para penggemarnya lekas bosan, mulai dari ayam goreng biasa, ayam goreng tepung, hingga ayam goreng madu yang sangat diminati karena memiliki citarasa khas dari gurih ayam yang bercampur dengan rasa manis madu. Percampuran rasa semacam ini tentu akan menghasilkan sensasi rasa yang tak bisa ditolak.

resep ayam goreng madu

Resep ayam goreng madu simple, via www.foodnetwork.com

Karena kenikmatan tersebut, anda mungkin kerap menjumpai menu masakan ayam ini beberapa restoran atau tempat makan. Atau anda sendiri mungkin penasaran tentang bagaimana memasak resep ayam goreng berlumur madu sehingga menghasilkan olahan daging ayam seenak itu.

Resep dan Cara Buat Ayam Goreng Madu Sederhana yang Enak

Ok, jika memang anda ingin memasak ayam goreng berbalut tepung dan berlumur madu ini sendiri di rumah untuk hidangan anggota keluarga, berikut kami sajikan resep ayam goreng madu simple yang mudah untuk dicoba.

Bahan dan bumbu ayam goreng madu:

  • 1 ekor ayam ukuran sedang (sekitar 1,4 kg)
  • 2 cup (sekitar 450 gram) mentega susu
  • 1 dan ¼ sendok makan garam dapur
  • ½ dan ¼ sendok makan lada hitam bubuk
  • ½ sendok makan dan ½ sendok teh cabai bubuk
  • 1 liter minyak sayur
  • 2 cup tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok makan bawang putih bubuk
  • 1 sendok makan bawang merah bubuk
  • 1 cup (340 gram) madu

Cara buat ayam goreng madu:

  1. Cuci bersih daging ayam yang telah dipotong-potong, lalu tempatkan pada wadah. Tambahkan mentega susu, ½ sendok makan garam, ½ sendok makan lada hitam, dan ½ sendok makan cabai bubuk. Aduk semua bahan hingga semua bagian daging terlumuri dengan bumbu mentega susu. Bungkus wadah dan masukkan dalam lemari pendingin hingga bumbu benar-benar meresap sempurna selama 1-4 jam.
  2. Sambil menunggu ayam siap, buat tepung pelapis ayam goreng madu yang akan membuatnya makin renyah dengan cara siapkan wadah, lalu masukkan tepung, bawang putih bubuk, bawang merah bubuk, dan sisa ¼ sendok makan garam, ½ sendok teh cabai bubuk, dan ¼ sendok makan lada hitam. Aduk dengan manual hingga semua bahan tercampur secara merata.
  3. Ambil satu per satu ayam yang telah didiamkan dengan bumbu tadi lalu gulingkan pada lapisan tepung yang telah dibuat hingga rata. Taruh daging ayam yang telah terlapisi pada nampan.
  4. Siapkan wajan yang berukuran lumayan besar sehingga memudahkan untuk menggoreng deep-fry. Panaskan minyak goreng dengan api yang lumayan besar. Pastikan minyak goreng yang digunakan mencukupi sehingga semua bagian ayam bisa tercelup ke dalam minyak dengan sempurna.
  5. Goreng ayam yang telah terlapisi dengan tepung hingga matang atau berwarna coklat keemasan. Untuk bagian paha ayam yang memiliki daging tebal, sembari menggoreng bolak balik daging dengan durasi 5 sampai 6 menit untuk tiap sisinya. Sementara itu, untuk bagian dada dan sayap, goreng dan balikkan sisinya tiap 3 hingga 5 menit.
  6. Angkat ayam dan tiriskan agar kandungan minyak berkurang. Siram ayam goreng dengan madu di atasnya sesuai yang anda inginkan dan ayam goreng madu telah siap untuk dihidangkan.

Resep ayam goreng madu simple dan praktis tersebut pastinya akan menyajikan kenikmatan yang hakiki untuk dicoba. Daging ayam bagian dalam yang lembut dan juicy berpadu dengan kerenyahan dan gurihnya lapisan kulit bertepung, lengkap dengan siraman madu. Daripada hanya dipikirkan dan membuat perut semakin keroncongan, lebih baik anda mulai praktikkan dan kreasikan di rumah, selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Ayam Goreng Madu Simple yang Renyah dan Gurih"