Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Ikan Tongkol Santan Kuah Kuning yang Pedas dan Enak

Ikan tongkol memang sudah jadi ikan yang lumayan banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Selain karena memiliki nutrisi yang bagus dan harganya yang relatif murah, ikan tongkol juga gampang untuk diolah menjadi berbagai hidangan yang menggugah selera, salah satunya yaitu ikan tongkol santan bumbu kuning. Bagi penikmat ikan tongkol sekaligus suka dengan kuah rempah pedas, tentu bisa jadi menu favorit dan tak bisa dilewatkan.

masak ikan tongkol kuah

Nah, buat yang belum tahu bagaimana cara mengolah ikan tongkol menjadi ikan tongkol santan kuah kuning yang mantap, tenang saja karena kali ini Dapur Jempol akan berbagi resep ikan tongkol dengan kuah santan bumbu kuning yang pastinya enak banget. Dari segi bumbu, hidangan ini memiliki bumbu-bumbu yang bakal mudah didapatkan disekitar, baik di tukang sayur atau pasar dan warung terdekat.

Biar tak penasaran dengan cara membuat ikan tongkol santan kuah kuning yang nikmat ini, langsung saja simak bahan-bahan dan cara memasaknya berikut ini. Pokoknya mudah banget dan bisa langsung dipraktekkan sendiri di rumah.

Bahan dan Bumbu Ikan Tongkol Santan Kuah Kuning

Bahan-bahan serta bumbu yang diperlukan sebagai berikut:
Bawang merah 10 biji
Bawang putih 3 siung
Cabe merah 3 biji
Cabe rawit 13 biji
Tomat 1 buah
Kunyit 1 ruas dibagi menjadi tiga bagian
Santan encer 250 ml
Santan kental 250 ml
Daun bawang 3 helai yang telah dipotong-potong
Ikan tongkol 3 ekor

Cara Membuat Ikan Tongkol Santan Kuah Kuning

1. Pertama-tama kita siapkan wajan untuk menggoreng, tuang minyak secukupnya untuk menggoreng bumbu.

2. Setelah minyak cukup panas, masukkan bawang putih, bawang merah, kunyit, lalu goreng sebentar sampai bau bawang tercium harum. Kemudian kita masukkan cabenya. Setelah itu kita goreng bumbu kembali sampai benar-benar harum dan cabenya agak mengkerut. Setelah selesai bisa diangkat

3. Selanjutnya kita goreng ikan tongkolnya sebentar untuk mengurangi amis, kalau dirasa sudah cukup kemudian kita angkat.

4. Tambahkan garam setengah sendok lalu kita tumbuk bumbu yang telah digoreng tadi. Taruh garamnya di atas kunyit supaya kunyitnya mudah ditumbuk.

5. Siapkan kembali wajan dan panaskan api. Masukkan santan encer kemudian tambahkan bumbu halus yang telah ditumbuk tadi. Tambahkan tomat yang telah diris-iris. Tambahkan gula setengah sendok makan dan aduk sebentar hingga merata.

6. Kemudian kita masukkan ikannya, lalu tambahkan santal kental. Aduk-aduk hingga merata dan kita tunggu hingga mendidih. 

7. Kita tambahkan micin agar lebih terasa sedap. Terakhir kita masukkan irisan daun bawang dan tunggu sebentar hingga benar-benar matang. Nah, ikan tongkol bumbu kuning siap untuk disajikan!

Nah, itulah tadi resep dan cara masak ikan tongkol santan kuah kuning yang enak dengan rasa pedas yang terasa. Kalau ada yang kurang jelas dan ingin yang lebih detail, langsung saja bisa simak video masak ikan tongkol santan dengan kuah kuning berikut.

Semoga resep ikan tongkol santan di atas bisa jadi referensi resep masakan baru terutama untuk yang sedang belajar memasak ataupun ingin coba variasi masakan ikan tongkol berkuah. Dapur Jempol berharap semoga anda suka dan selamat mencoba.


Post a Comment for "Resep Ikan Tongkol Santan Kuah Kuning yang Pedas dan Enak"