Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Abon Ayam Pedas Asli Enak dan Lezat

Resep Abon Ayam Pedas - Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang sangat digemari berbagai kalangan, mulai anak kecil hingga orang dewasa. Harganya yang relatif murah jika dibanding daging sapi serta mudah ditemukan, membuatnya menjadi salah satu bahan yang sangat pas diolah menjadi berbagai jenis lauk. Salah satu jenis lauk kering yang pas disajikan sebagai teman makan hingga camilan yaitu dengan dimasak jadi abon ayam.

resep suwir ayam pedas

Resep suwir ayam atau abon dengan rasa pedas nendang

Daya tahan abon ayam juga terbilang lumayan baik jika dibandingkan dengan cara pengolahan lain seperti dimasak kuah atau goreng biasa yang kebanyakan hanya bisa bertahan dua kurang lebih dua hari saja. Sementara, dengan penyimpanan dan cara pengolahan yang benar, abon ayam buatan sendiri bisa bertahan lumayan lama hingga 1 bulan.

Melihat daya tahan yang lumayan lama tersebut, banyak yang menjadikan abon ayam menjadi resep makanan rumahan ideal yang memiliki nilai jual sehingga mampu dipasarkan dengan baik. Oleh karena itu, jangan heran jika olahan abon ayam banyak dijajakan di warung, pasar, hingga berbagai minimarket.

Resep Abon Ayam Pedas yang Praktis dan Super Enak

Nah, bagi anda yang ingin lebih berhemat, anda bisa membuat olahan ayam suwir ini sendiri di rumah. Penasaran bagaimana cara memasak abon yang enak dengan ketahanan yang lama? Berikut kami sajikan resep suwir ayam atau abon dengan rasa yang pedas. Resep masakan rumahan ini lumayan mudah dicoba dan bisa jadi alternatif lauk di rumah. Terlebih bagi penikmat rasa pedas, pasti anda bisa ketagihan

Bahan Abon Ayam Pedas:

  • 500 gram dada ayam tanpa tulang
  • ½ butir kelapa, ambil santannya sebanyak 300 cc
  • 2 sendok makan gula merah

Bumbu Halus Abon Ayam Pedas:

  • 1 ruas jari kunyit
  • 10 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah atau bisa disesuaikan dengan selera pedas anda
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 5 butir kemiri
  • 1 sendok teh garam dapur

Cara Membuat Abon Ayam Pedas:

  1. Siapkan dada ayam yang telah bersih dari tulang, kemudian rebus hingga daging ayam empuk dan matang.
  2. Angkat dada ayam yang telah matang tersebut lalu suwir-suwir dagingnya dengan ukuran yang lumayan halus layaknya abon kebanyakan, lalu sisihkan.
  3. Siapkan wajan dan didihkan santan. Tambahkan bumbu halus dan serta gula merah, aduk hingga merata.
  4. Masukkan daging ayam yang telah disuwir-suwir tadi, terus masak dan aduk hingga airnya surut atau kering di atas api kecil agar tidak gosong. Angkat abon ayam pedas dan tiriskan.
  5. Angkat abon dan tiriskan pada lap atau tisu makanan agar minyaknya keluar. Anda juga bisa memakai lap makanan yang bersih untuk memeras agar minyak keluar dengan sempurna.
  6. Abon siap dinikmati sebagai pendamping makan ataupun camilan. Untuk lebih awet, anda bisa menyimpannya di dalam toples.

Nah, itulah tadi resep suwir ayam atau yang dikenal dengan abon ayam namun dengan variasi rasa yang lebih pedas. Makanan ala resep masakan rumahan tersebut juga bisa dijadikan lahan usaha selain untuk dinikmati sendiri. Bagaimana, tertarik mencoba? Selamat memasak!

Post a Comment for "Resep Abon Ayam Pedas Asli Enak dan Lezat"